JENIS-JENIS SOFTWARE YANG SERING DIGUNAKAN DALAM DUNIA MULTIMEDIA


Software Multimedia

Dalam era yang sudah sangat canggih seperti saat ini, kita dipermudah dengan berbagai media yang selalu bisa membantu kita dalam mengolah media – media informasi ( gambar, teks, audio, video, grafik, interaktif ). Kita bisa mengguanakan berbagai jenis aplikasi yang sangat membantu kita.
Diantara berbagai macam / jenis aplikasi yang beredar sekarang ini, ada beberapa aplikasi yang harus kamu ketahui [ atau mungkin harus kamu kuasai agar mampu bersaing dengan individu – individu diluar sana ].

·         Audio / Video Editor

 


Oke, kita mulai dari aplikasi audio viseo editor terlebih dahulu. Apasih itu audio video editor? Buat kalian yang belum tahu, pas banget nih ketemu sama blog ini. Check it out…..

Audio video editor merupakan salah satu jenis perangkat lunak ( software ) yang bisa digunakan untuk mengedit dan memanipulalsi informasi dalam bentuk video maupun audio. Dalam mengedit viseo ada banyak sekali proses yang harus dilakukan, diantaranya adalah proses pemotongan, penggabungan, penambahan effect, konversi format, memanipulasi kualitas hasil editing. Beberapa aplikasi / software yang sering digunakan dikalangan editor multimedia antara lain :

a.        Adobe Premier Pro
b.      Adobe Premier Elements
c.       Windows Media Maker
d.      Pinnacle Studiio
e.      Vegas
f.        Wondershare Filmora

·         Graphic / Image Editor













Setelah tadi kita bahas tentang software ( perangkat lunak ) yang ada di audio viseo editor sekarang kita akan bergeser ke jenis – jenis software yang sering digunakan dalam graphic editor. Sebelum lanjut ke jenis – jenis software, gak afdol rasanya kalo belum mengetahui apa sih pengertian / definisi dari graphic / image editor sendiri.

Jadi, image editor sendiri adalah software ( perangkat lunak ) yang digunakan untuk melukis, emnggambar, mengedit, dan memanipulasi gambar pada system computer. Kalo menyinggung masalah software graphic / image editor akan ada banyak sekali jenisnya, mulai dari yang mempunyai tool ( alat bantu ) fungsi yang sederhana sampai dengan yang mempunyai tool ( alat bantu ) fungsi yang sangat kompleks. Pokoknya ada berbagai jenis deh. Berikut beberapa jenis software yang digunakan dalam menjalankan Graphic / Image Editor :

a.       Adobe Photoshop [ vector image dan bitmap image editor ]
b.      Corel Draw [ vector image editor ]
c.       Microsoft Paint [ bitmap image editor ]
d.      Paint Shop Pro [ vector image dan bitmap image editor ]
e.      GIMP [ vector image dan bitmap image editor ]

·         Graphic 3D












Graphic 3D merupakan software yang sering digunakan untuk mengedit, membuat, dan bahkan bisa untuk memanipulasi media dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar ataupun image yang umumnya dalam bentuk 2 dimensi saaja, gambar 3 dimensi ini represetasi dari gambar 2 dimensi ke dalam geometri 3 dimensi ( 3D ). Beberapa contoh software yang bisa diguanakan dalam bidang 3D ini adalah sebagai berikut.

a.       3D Studio Max
b.      Silo 3D Modelling
c.       Maya
d.      Blender
e.      ZBrush

·         Animasi













Software animasi merupakan software / perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit, membuat, atau bahkan untuk memanipulasi media dalam bentuk animasi [ dalam hal ini adalah animasi 2D]. Animasi sendiri ialah gambar yang ebrgerak atau bisa juga video dengan konten gambar yang fiktif ( tidak nyata ), misalnya seperti kartun ataupun gambar yang tidal riil.

Beberapa software / aplikasi / perangkat lunak yang bisa digunakan untuk bidang ini adalah :

a.       Macromedia Flash [ selain animasi bisa juga untuk web, presentasi, dll ]
b.      Houdini Animation Flash
c.       Power Animator
d.      Adobe Flash

·         Graphic / Image Viewer


Yap, setelah membahas beberapa aplikasi / software yang bisa digunakan untuk memngedit dan membuat hasil – hasil multimedia. Sekarang kita masuk ke software yang selanjutnya, yaitu image viewer. Image viewer adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melihat [ view ] gambar secara terorganisasi pada sebuat directori. Saat ini sudah banyak sekali format – format image yang didukung aplikasi image viewer, misalnya saja adalah bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain – lainya. Beberapa jenis software yang mampu untuk mendukung image viewer adalah sebagai berikut.

a.       ACDSee
b.      XNView
c.       Irfan View
d.      Microsoft Picture Manager
e.      Microsoft Picture and Fax Viewer

·         Media Player


 

Nah, sekarang kita sudah sampai pada akhir / penghujung  pembahasan jenis – jenis software yang bisa digunakan atau yang sering digunakan dalam dunia multimedia. Yang akan dibahas disini adalah software – software yang bisa digunakan dalam dunia multimedia dibidang Media Player. Apasih Media Player sendiri?

Media Player adalah jenis perangkat lunak / software ( atau yang lebih akrab kita sebut dengan aplikasi ) yang sering digunakan untuk memainkan media. Missal saja dalam bentuk audio ataupun video. Berikut adalah beberapa aplikasi / software yang sering digunakan dalam dunia multimedia dibidang Media Player :

a.       Windows Media Player [ buatan Microsoft Corp ]
b.      Winamp [ buatan Nullsoft Inc ]
c.       WinDVD [ buatan Intervideo ]
d.      PowerDVD [ bautan Cyberlink ]
e.      Musicmatch Jukebox [ buatan Musicmatch Inc ]
f.        DivX Player [ DivX Network Inc ]
g.       Real Player [ bauatan Real Network ]
h.      XMMS [ GNU General Public License ]
i.         Xine [ GNU General Public License]

JENIS-JENIS SOFTWARE YANG SERING DIGUNAKAN DALAM DUNIA MULTIMEDIA JENIS-JENIS SOFTWARE YANG SERING DIGUNAKAN DALAM DUNIA MULTIMEDIA Reviewed by Unknown on Januari 07, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.