CARA MEMBUAT POWER POINT YANG MENARIK AUDIENS


Cara Membuat Power Point yang Menarik

Yak temen – temen sekalian, kali ini kita akan belajar bersama mengenai Microsoft Power Point. Apa sih Power Point itu? Mungkin dari kalian ada yang belum tau tentang Power Point ini. Ummm… saya akan sedikit menjelaskan pengertian Power Point sebelum saya menjelaskan lebih dalam lagi ( cie kaya apa aja pake lebih dalam segala J ).

Oke, apa sih Microsoft Power Point itu?

Jadi Power Point itu adalah aplikasi / software yang dikeluarkan oleh Microsoft yang berfungsi untuk memngolah kata dan untuk presentasi. Singkatnya Power Point itu aplikasi buat presentasi… hehehe J.

Mungkin buat kalian anak sekolahan atau anak kuliahan yang suka disuruh gurunya buat presentasi, kalian sangat beruntung deh bisa nemuin artikel ini. Jadi kali ini saya akan membahas mengenai Power Point, tapi lebih ke cara penggunaannya dan cara membuat sebuah presentasi yang menarik yang bisa dibuat oleh Power Point untuk kamu. Artikel ini hanya akan bermanfaat jika kamu praktekkan yah…

Bagi yang sudah bisa, nanti kalo saya ada salah bisa koment di bawah… tapi kasih komen – komen yang baik yah, jangan kasih komen yang jelek. Saya lebih suka menerima komen yang bersifat membangun, jadi jangan asal komen. Terima kasih…. J

Oke, langsung aja ke materi, check it out……J

Power Point memang alat bantu / salah satu software yang dapat membantu kita untuk melakukan presentasi, tapi bukan berarti kita bisa membuatnya sekedarnya saja. Jangan sampai presentasi tapi isinya terlalu banyak teks nanti bisa menjadi Power Word ( Power Point bukan, Word juga bukan ) hehehe…J kan tujuan dari presentasi adalah menarik perhatian audiens.

Memang sih, sah – sah saja kalo kamu mau buat presentasi isinya Cuma teks – teks ajah. Tapi bukankah itu bisa mmebuat para audiens yang ada di depan kita jadi bosan, dan hal terburuk yang terjadi adalah mereka tidak bisa paham dengan apa yang kita sampaiakn karena mereka sudah bosan dengan presentasi kamu yang isinya Cuma teks – teks aja. Maka dari itu, presentasi juga perlu adanya sesuatu yang menarik, agar bisa menarik perhatian audiens dan bisa membuat perhatian mereka hanya terfokus kepada kamu yang sedang berpresentasi.

Maka dari itu, saya akan membantu kamu untuk membuat presentasi yang menarik dan pastinya mampu untuk menarik perhatian audiens yang kita ajak presentasi.

Yapppp… check it out J

Cara membuat Power Point yang Menarik


Menurut saya, hal yang paling dasar adalah bisa mengetahui isi dari materi yang akan kamu sampaikan, karena itu akan berfungsi sebagai focus kamu dalam mencari desain yang cocok / sesuai dengan materi yang kamu bawa. [ disini saya menggunakan Power Point 2013, mungkin akan sedikit berbeda dengan Power Point 2007 dan 2010 tapi masih banyak kesamaan kok, jangan khawatir J ]
Kemudian, setelah kamu paham dengan apa yang akan kamu sampaikan ke audiens, maka ikutilah tips atau langkah – langkah yang akan saya berikan :

1.       Pilih tema

Pertama saya akan bahas tentang tema. Jadi setelah kamu faham dengan apa yang akan kamu sampaikan ke audiens maka kamu perlu memilih tema yang cocok dengan materi yang kamu bawa. Dari Power Point sendiri sih sudah banyak tema bawaan yang tersedia, tapi kalo kamu merasa belum puas dengan desain yang ditawarkan dari tema bawaan itu, kamu bisa download beberapa template yang ada di internet yang khusus untuk Power Point.

Tapi kali ini saya bahas tema bawaan yang ada di Power Point saja. Jadi kamu bisa pilih tema yang sederhana tapi bisa elegan. Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam tema ini, yaitu dari segi desainnya, dari segi warnanya, dari segi huruf yang akan ditampilkan ( termasuk warna hurufnya ).

Cara untuk menambahkan tema ke dalam presentasi kamu adalah dengan klik tab Desain >> klik panah ke bawah di dalam kolom Themes >> pilih tema yang akan kamu gunakan ( sekali lagi saya tegaskan, pilih tema yang sesuai dengan materi yang kamu bawakan… jangan sembarangan pilih tema ).





Agar bisa sesuai dengan apa yang kamu harapkan, kamu bisa merubah tampilan warnannya, caranya adalah dengan masuk di tab Desain >> di kolom Variants pilih kombinasi warna yang kamu inginkan. ( ini untuk mengubah kombinasi warna menjadi kombinasi warna yang kamu inginkan ).




Selanjutnya adalah merubah kombinasi huruf agar sesuai dengan harapan kamu, caranya adalah dengan klik tab Desain >> pada kolom Variants klik tanda panah paling bawah. Akan muncul area baru yang berisi beberapa pilihan. Klik Fonts >> pilih huruf yang kamu inginkan.




Dengan demikian tema yang kamu inginkan sudah kamu dapatkan, dan tema inilah yang akan kamu gunakan dalam semua slide dan  presentasi kamu. [ tapi saya ingatkan sekali lagi, kalo kamu gak puas dengan tema bawaan yang ada maka kamu bisa download beberapa template yang ada di internet ].

2.       Ganti Bullet-Point dengan icon
3.       Berkreasi dengan Timeline
4.       Manfaatkan diagram
5.       Gunakan foto
6.       Tambahkan animasi




Itu dulu yah yang bisa saya kasih, untuk lanjutannya bisa kamu check dalam artikel saya selanjutnya. terima kasih. maaf kan kalo ada banyak kesalahan..
semoga bermanfaat, jangan lupa share dan komen nya. saya selalu terbuka dengan kritk dan saran yang akan menjadikan saya menjadi lebih baik. terima kasih.
CARA MEMBUAT POWER POINT YANG MENARIK AUDIENS CARA MEMBUAT POWER POINT YANG MENARIK AUDIENS Reviewed by Unknown on Januari 17, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.