PENGERTIAN MULTIMEDIA, SEJARAH DAN SEMUA TENTANG MULTIMEDIA, ANDA HARUS TAHU !!!!

Multimedia Production


Multimedia adalah penggunaan computer dengan cara menggabungkan berbagai bahan seperti teks, gambar, suara, animasi, dan video dengan menggunakan alat bantu [ software ] sehingga hasilnya dapat disajikan dalam berbagai bentuk seperti film, film pendek, cerita animasi ( baik secara 2D maupu 3D ), brosur, kalender, desain grafis ataupun dalam bentuk media interaktif seperti game.

Tidak hanya itu, multimedia juga bisa dimanfaatkan dalam bidang yang lainnya, misalkan saja dalam bidang pendidikan dan bisnis. Didalam dunia pendidikan multimedia biasanya dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang interaktif, yang bertujuan agar para siswa lebih bisa mendalami dan memahami apa yang disampaikan oleh guru. Selain itu juga, bisa memberikan hiburan agar siswa tidak bosan. Selain dibidang pendidikan, multimedia juga sering digunakan di dunia bisnis, seperti menyajikan animasi saat presentasi dengan klien, media membuat profil perusahaan, desain produk, desain kemasan, dan lain – lain.

Pada mulanya, multimedia hanya menjadi media yang dikonsumsi oleh indra penglihatan saja ( gambar diam, teks, gambar gerak viseo, animasi ) dan konsumsi indra pendengaran ( suara ). Dalam perkembangannya sendiri, sekarang multimedia sudah mencakup unsur – unsur kinetic ( gerak ) dan juga bau yang menjadi konsumsi indra penciuman. Dalam dunia multimedia mulai dimasukan unsur kinetic ini pada saat pertunjukan film 3D yang dikombinasikan dengan gerakan pada kursi penonton. Kinetik dan film sendiri dapat membangkitan sens rialistis.

Bau mulai menjadi bagian dari multimedia dan diterapkan dalam multimedia sejak ditemukannnya teknologi reproduksi dan telekomunikasi. Setelah keluar teknologi ini, menjadikan feronom – feronom bau menjadi pengganti tinta sehingga output yang akan dikeluarkan bukan lagi berupa cetakan melaikan berupa aroma.

DALAM PENGERTIAN LAIN DEFINISI MULTIMEDIA BISA DISEBUTKAN SEBAGAI BERIKUT !!!

Multimedia adalah kombinasi dari computer dan viseo [ Rosch, 1996 ] atau bisa diartikan multimedia merupakan gabungan dari 3 elemen yang meliputi elemen suara, elemen gambar, dan elemen teks [ Mc Cormick, 1996 ] atau bisa juga multimedia adalah kombinasi dari sedikitnya 2 media input atau output data, media ini juga berupa audio ( suara, music ), animasi, video, teks, grafik, dan gambar [ Turban dkk, 2002 ] atau multimedia adalah alat yang menciptakan presentasi dinamis dan interaktif yang menggabungkan teks, grafis, animasi, audio, gambar, dan video [ Robin dan Linda, 2001 ].


SEJARAH MULTIMEDIA

Istilah multimedia muncul bukan berasal dari computer melaikan dari pertunjukan teater yang menggunakan ( menggabungkan ) lebih dari satu medium [ dan lebih sering disebut pertunjukan multimedia ]. Multimedia memungkinkan pemakai computer untuk bisa mendapatkan output dalam bentuk yang lebih  kaya daripada table dan grafik konvensional. Pemakai dapat melihat gambar 3D, video, foto bergerak ( gift ), dan juga bisa mendengarkan suara stereo.

Dan pada saat ini, kita sering menjumpai produk – produk multimedia dalam bentuk brosur, amajlah, taflet, movie, bahkan sudah dalam bentuk video game.

Nah sekian pembahasan saya mengenai multimedia, semoga bermanfaat.... terima kasih, bye :)





PENGERTIAN MULTIMEDIA, SEJARAH DAN SEMUA TENTANG MULTIMEDIA, ANDA HARUS TAHU !!!! PENGERTIAN MULTIMEDIA, SEJARAH DAN SEMUA TENTANG MULTIMEDIA, ANDA HARUS TAHU !!!! Reviewed by Unknown on Januari 07, 2019 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.